More
    HomeMotorKawasaki Sulap Mesin Trail Modern Jadi Klasik, Begini Caranya!

    Kawasaki Sulap Mesin Trail Modern Jadi Klasik, Begini Caranya!

    OTOKITA.ID – Kawasaki Sulap Mesin Trail : Biasanya, mesin klasik diperbarui agar lebih modern, tetapi Kawasaki justru melakukan hal sebaliknya. Produsen motor asal Jepang ini mengubah mesin modern menjadi tampak lebih klasik.

    Teknik ini diterapkan pada dapur pacu Kawasaki W230 dan Meguro S1, yang sebenarnya berbasis dari mesin trail KLX230 versi 2024.

    Dengan desain ulang pada bagian luar, Kawasaki sukses memberikan nuansa retro pada motor ini tanpa mengorbankan performa modernnya.

    Transformasi Mesin Trail Menjadi Retro

    Untuk menciptakan tampilan klasik, Kawasaki melakukan beberapa modifikasi pada desain luar mesinnya.

    Salah satu perubahan mencolok adalah pelebaran sirip pendingin udara agar menyerupai mesin lawas.

    Selain itu, bagian bak kopling dan magnet juga dirancang lebih besar dan membulat, menciptakan kesan klasik yang lebih kental.

    Menurut Michael C. Tanadhi, Department Head Sales and Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), sentuhan ini dilakukan agar motor tetap memiliki estetika khas retro tanpa mengurangi kinerja mesin.

    Knalpot Klasik dengan Teknologi Modern

    Salah satu elemen yang membuat tampilan motor ini semakin retro adalah penggunaan knalpot berdesain peashooter.

    Knalpot ini memiliki bentuk tabung besar di bagian tengah yang menyempit di ujungnya. Meskipun tampilannya klasik, sistem pembuangan ini sudah memenuhi standar emisi Euro 4, sehingga tetap ramah lingkungan dan efisien.

    Spesifikasi Mesin Kawasaki W230 dan Meguro S1

    Walaupun tampilannya retro, performa mesin tetap modern. Kawasaki W230 dan Meguro S1 mengusung mesin berkapasitas 233 cc, SOHC 2 katup, dengan sistem injeksi bahan bakar.

    Mesin ini hanya menggunakan pendingin udara, tetapi tetap bertenaga dengan transmisi manual 6 percepatan.

    Tenaga maksimalnya mencapai 17,7 dk pada 7.000 rpm, dengan torsi puncak sebesar 18,6 Nm pada 5.800 rpm.

    Spesifikasi ini memastikan motor tetap responsif dan nyaman digunakan dalam berbagai kondisi jalan.

    Kawasaki berhasil menghadirkan kombinasi unik antara tampilan klasik dan teknologi modern pada W230 dan Meguro S1.

    Dengan desain mesin yang menyerupai motor jadul, namun tetap mempertahankan spesifikasi canggih, motor ini cocok bagi pecinta retro yang tetap menginginkan kenyamanan berkendara masa kini.

    Inovasi ini menjadi bukti bahwa nostalgia bisa tetap berpadu dengan kemajuan teknologi.OTOKITA

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    spot_img