OTOKITA.ID – Kebutuhan akan kendaraan pribadi, khususnya mobil keluarga, meningkat pesat. Dua model mobil yang paling banyak diminati adalah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.
Para Agen Pemegang Merek (APM) dan perusahaan pembiayaan mencatat adanya lonjakan penjualan mobil hingga lebih dari 10 persen.
Mengapa kedua mobil ini menjadi pilihan utama konsumen? Simak ulasannya berikut ini.
Kebutuhan Mobil 7-Seater dengan Harga Terjangkau
Salah satu alasan utama Toyota Calya dan Daihatsu Sigra menjadi mobil terlaris adalah kapasitasnya yang mampu menampung hingga 7 penumpang dengan harga di bawah Rp200 juta.
Menurut Richard Wang, Head of Marketing Dept Toyota Astra Financial, masyarakat saat ini lebih memilih mobil 7-seater yang affordable.
“Konsumen masih membutuhkan mobil 7 seater, affordable, bukan Avanza atau Xenia, tapi Calya dan Sigra,” jelasnya.
Meskipun demikian, Richard belum menyebutkan angka pasti peningkatan penjualan di tahun ini.
Namun, berdasarkan data sebelumnya, menjelang Lebaran biasanya terjadi kenaikan hampir 12 persen dalam penjualan mobil.
“Tahun ini belum terlihat jelas karena penjualan di bulan sebelumnya belum semuanya tercatat,” tambahnya.
Program Menarik: Skip Bayar Cicilan Saat Lebaran
Toyota Astra Financial (TAF) menawarkan program menarik bernama ‘Skip Bayar’ dalam kampanye Ramadhan tahun ini.
Melalui program ini, konsumen bisa menunda pembayaran cicilan selama Ramadhan hingga mendapatkan uang muka ringan mulai dari 20 persen.
“Promo Skip Bayar ini baru kami kenalkan. Jadi nanti konsumen bisa libur bayar atau skip bayar cicilan saat menjelang Lebaran,” ungkap Richard.
Sebagai contoh, jika Lebaran tahun ini jatuh pada akhir Maret, konsumen bisa libur bayar cicilan di bulan Maret atau saat bulan puasa.
Program ini berlaku juga untuk Lebaran di tahun-tahun berikutnya, memberikan libur bayar cicilan setiap periode Lebaran.
Manfaat Program Skip Bayar untuk Konsumen Toyota Calya
Menariknya, program libur bayar ini tidak hanya memberikan kelonggaran keuangan sesaat, tetapi juga mengurangi jumlah total cicilan konsumen.
Misalnya, untuk tenor cicilan 60 kali atau 5 tahun, konsumen hanya diwajibkan membayar cicilan sebanyak 55 kali saja. Jika tenor cicilan 3 tahun, maka hanya perlu membayar 33 kali.
Promo ini berlaku untuk model Toyota Agya, Toyota Calya, serta semua model kendaraan penumpang Daihatsu.
Kehadiran program ini didasarkan pada hasil survei perusahaan yang menemukan bahwa banyak konsumen mengalami keterlambatan membayar cicilan pada periode Lebaran 2025.
Hal ini disebabkan adanya peralihan anggaran rumah tangga untuk kebutuhan konsumsi selama Lebaran.
Momentum Lebaran selalu menjadi kesempatan bagi industri otomotif untuk meningkatkan penjualan.
Keberhasilan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra dalam menarik minat konsumen menunjukkan bahwa pasar masih sangat membutuhkan mobil keluarga yang ekonomis dan praktis.
Ditambah dengan adanya program ‘Skip Bayar’ dari TAF, konsumen mendapatkan manfaat ganda, yaitu mobil impian dan keringanan pembayaran cicilan.
Jika Anda sedang mencari mobil keluarga baru dengan harga terjangkau dan ingin menikmati program cicilan yang fleksibel, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra bisa menjadi pilihan tepat. OTOKITA