More
    HomeMobilToyota Hilux Rangga: Alasan Belum Diproduksi di Indonesia dan Peluang ke Depannya

    Toyota Hilux Rangga: Alasan Belum Diproduksi di Indonesia dan Peluang ke Depannya

    OTOKITA.ID – Toyota Hilux Rangga telah resmi diperkenalkan di Indonesia sebagai salah satu mobil tangguh dengan desain modern. Namun, mobil ini masih diimpor dari Thailand, bukan diproduksi secara lokal.

    Apa alasan di balik keputusan ini, dan apakah ada peluang untuk produksi lokal di masa depan?

    Faktor Ekonomi Jadi Pertimbangan Utama

    Menurut Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, keputusan untuk memproduksi secara lokal sangat bergantung pada skala ekonomi, terutama volume penjualan.

    “Kalau dibandingkan dengan Thailand, penjualan domestik dan ekspor mereka sudah mencapai puluhan ribu unit. Di Indonesia, kita baru bicara sekitar 400-500 unit dalam sebulan. Jadi, secara tingkat ekonomis, masih belum memungkinkan,” jelas Anton.

    Meski demikian, Anton menegaskan bahwa peluang produksi lokal tetap ada di masa depan jika volume penjualan meningkat signifikan.

    Kolaborasi dengan Perusahaan Karoseri

    Toyota juga telah menjalin kerja sama dengan sekitar 80 perusahaan karoseri di Indonesia untuk memodifikasi atau menyesuaikan kendaraan sesuai kebutuhan konsumen lokal. Bahkan, ada potensi Hilux Rangga digunakan sebagai transportasi umum di Indonesia.

    “Kita sedang melakukan uji coba selama dua bulan untuk kendaraan transportasi umum. Jika hasilnya positif, ini bisa menjadi opsi yang ditawarkan ke konsumen,” tambah Anton.

    Spesifikasi Mesin All New Hilux Rangga

    Toyota Hilux Rangga hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu diesel dan bensin. Berikut detail spesifikasinya:

    1. Diesel Engine 2GD-FTV

    • Kapasitas: 2.393 cc, 4 silinder (EURO4)
    • Teknologi: VNT Turbocharger, Intercooler, Common-rail
    • Tenaga: 149 PS @ 3.400 rpm
    • Torsi (M/T): 343 Nm @ 1.400-2.800 rpm
    • Torsi (A/T): 400 Nm @ 1.600-2.000 rpm

    2. Gasoline Engine 1TR-FE

    • Kapasitas: 1.998 cc, 4 silinder (EURO4)
    • Teknologi: Dual VVT-i
    • Tenaga: 139 PS @ 5.600 rpm
    • Torsi: 183 Nm @ 4.000 rpm

    Potensi Hilux Rangga di Indonesia

    Meski belum diproduksi lokal, Toyota optimis terhadap masa depan Hilux Rangga di pasar Indonesia. Dengan desain yang tangguh dan spesifikasi mumpuni, mobil ini diprediksi mampu menarik minat konsumen, terutama di segmen komersial dan transportasi.

    Keputusan Toyota untuk mengimpor Hilux Rangga dari Thailand adalah langkah strategis yang mempertimbangkan faktor ekonomis dan pasar.

    Namun, kerja sama dengan perusahaan karoseri lokal dan uji coba untuk transportasi umum membuka peluang besar bagi produksi lokal di masa depan.OTOKITA

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    spot_img